" Bukan kecerdasan saja yang membawa sukses, tapi juga hasrat untuk sukses, komitmen untuk bekerja keras, dan keberanian untuk percaya akan diriku sendiri. "


Sabtu, Juli 23, 2011

BUDIDAYA TERONG BELANDA (TAMARILLO)


Tamarillo (Chypomandra Betaceasenat), tergolong buah-buahan daratan tinggi dan merupakan buah unggulan Kabupaten Tana Toraja, provinsi Sulawesi Selatan. Tanaman Tamarillo termasuk famili Solanacheae Genus Cy Phomandra dan Species Chypomandra Betaceae (Cavaniles) Sandtner. Jenis komoditi ini baik diusahakan secara monohulture ataupun tumpang sari. Komoditi ini mempunyai prospek pasar untuk mensuplai kebutuhan hotel. Sesungguhnya tanaman ini termasuk tanaman pekarangan dan baru dikembangkan sebatas welcome drink di Tana Toraja. Tamarillo dapat dikonsumsi dalam bentuk segar juice dan selai. Komoditas ini banyak disukai oleh turis mancanegara dan domestik, karena banyak mengandung Vitamin.

 Syarat Tumbuh
A. Tanah
Tumbuhan baik pada daerah ketinggian, gembur dan subur
B. Iklim
Tamarillo dapat tumbuh pada daerah ketinggian 800-2800 mdpl, dengan curah hujan rata-rata 155m dan suhu optimum 20oC.

 Pembibitan
Biji yang diambil sebagai bibit adalah dipilih dari buah yang sudah matang (masak) dan dijemur sampai kering kemudian disemai pada tempat yang sudah disiapkan dimana pesemaian terlebih dahulu dicampur dengan pasir dan pupuk kandang kemudian biji diatur dan diberikan pelindung sampai tanaman 2-3 hrlai, kemudian dipindahkan ke polybag. Setelah 2-3 bulan dapat dipindahkan ke lapangan.

 Penanaman
Terlebih dahulu dibuatkan lubang ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm +- 2 minggu sebelum ditanam, namun sebelumnya harus diberi pupuk kandang yang dicampur dengan tanah +- 20 kg/lubang. Jarak tanam yang dianjurkan untuk monochulture adalah 3 x 3 m dan untuk tanaman selah jarak tanamnya tergantung pada tanaman utamanya.

 Pemupukan
Pemupukan pada tanaman tamarillo disamping pupuk kandang juga pupuk buatan seperti Urea, TSP dan KCl khususnya pada tanaman yang sudah mulai berproduksi untuk mempercepat suplai unsur hara yang akan segera dibutuhkan tanaman. Pemberian pupuk kandang dan pupuk buatan disesuaikan dengan unsur tanaman dan akan dibutuhkan unsur hara yang diperlukan. Adapun perbandingan pemupukan dan waktu dosis pemberian pupuk sebagai berikut :


 Hama dan Penyakit
Hama yang sering menyerang tanaman tamarillo adalah bekicot dan anjing tanah (cryllotalpha africana pal) dapat dikendalikan dengan Furadan 36 dan Thiodan Ec dengan dosis 2 kg/ha atau 2 lt/ha. Penyakit yang sering merusak tanaman tamarilllo adalah penyakit layu terutama tanaman yang masih muda dan dapat dikendalikan dengan Dithane M45.

 Panen
Buah Tamrillo dipanen atau berproduksi setelah berumur 1,5 tahun dari pendederan dilapangan dan tanaman ini dapat berproduksi sepanjang tahun dengan produksi rata-rata 500-100 buah/pohon /tahun dengan produksi rata-rata Ton/Ha.

 Pasca Panen
Buah Tamarillo dipetik pada waktu matang betul dan buah berwarna kemerah-merahan. Buah yang sudah dipetik kemudian dimasukkan kedalam keranjang yang berventilasi lalu siap dipasarkan.

 Manfaat
Manfaat buah tamarillo yang sudah dimasak dapat sebagai bahan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi secara langsung atau setelah diproses sebagai juice atau selai dari sari buah dan baik sebagai sajian pada waktu acara tertentu, misalnya hari chutney dan sambal. Tamarillo juga dapat digunakan sebagai campuran es krim, sandwich filleng, diblender dengan krim keju untuk digunakan sebagai olesan sandwich (Sandwich speed), salad, makanan pencuci mulut (dewserts), pudding dimasak dengan appel untuk dibuat juice, jellu sebagai campuran rasa bagi hidangan dari daging, puree dan berpotensi untuk dikonsumsikan dengan produk susu seperti Yogurt juga Tamarillo dapat diolah menjadi buah kaleng (canned).

 Kegunaan
Selain memiliki rasa aroma yang khas, buah Tamarillo mengandung unsur nutrient yang cukup seperti Vitamin A, B, C dan E, Mineral (khususnya kalsium, besi dan phosfor). Tamarillo juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga berguna bagi pengidap kolesterol. Memiliki khasiat obat (medical Pro Perties) seperti meredahkan gangguan pernafasan (allefiating res piratony diseases) dan melawan amelia (combating amelia). Selain itu dapat menguatkan sistem inmusnologi (immunological system), penglihatan (vision) serta bekerja sebagai komponen anti oksida (anti oxidation component). Tamarillo juga merupakan sumber protein yang baik.

Nilai Natrium Buah Tamarillo per 100gr dari bagian yang dimakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar